Text
PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII SMPIT ANNI’MAH ALKARIMAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Menyusun teks ulasan film ialah proses mengatur struktur yang dihasilkan dari sebuah analisis yang memuat tanggapan, tindakan, dan analisis terhadap suatu karya film secara baik.
Permasalahan yang penulis rumuskan adalah (1) Bagaimanakah kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write dikalangan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung dalam mengikuti pem-belajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write? (3) Apakah model think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung?
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pra-eksperimen. Berdasarkan hasil analisis perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil evaluasi, penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write dikalangan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menyusun teks ulasan film dari guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan pembelajaran penulis yaitu 3,9 dengan kategori (A), kemudian hasil pelaksanaan pembelajaran 3,98 dengan kategori (A). Artinya, penulis dianggap layak untuk melakukan penelitian. (2) Siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung, mampu dalam pembelajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 36,80, sedangkan nilai rata-rata posttest 84,19. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah dalam pembelajaran menyusun struktur teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write mengalami peningkatan sebesar 47,39 atau 18,2%. (3) Model think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik, diketahui t_hitung>t_tabel yaitu 20,6>2,06 dalam tingkat kepercayaan 95%, dengan derajat kebebasan 25. Oleh karena itu, model think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun struktur teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung.
Kata kunci: pembelajaran, menyusun, teks ulasan film, model pembelajaran think talk write.
Tidak tersedia versi lain