Text
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara Pada Kelas X SMA Pasundan 1 Bandung)
Kata kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pkn
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa dalam mata pelajaran pkn sejauhmanakah penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran tujuan
penelitian ini untuk mengetahui data Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw
metode yang digunakan ini penelitian tindakan kelas penelitian yang dilakukan guru didalam
kelasnya melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga
sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pelaksanan Penerapan Model
Cooperative Learning Tipe Jigsaw telah mampu meningkatkan motivasi belajar namun masih
terdapat hambatn dalam penerapan yaitu keterbatasa waktu karena kegiatan diskusi kelompok
ahli kelompok asal membutuhkan waktu yang luas sedangkan upaya yang dilaksanakan guru
mengelola waktu dengan membuat alokasi waktu dengan baik kesimpulan dari penelitian ini
adalah Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan dua siklus dan setiap
siklusnya dapat peningkatan cukup baik.
Tidak tersedia versi lain